Rabu, 02 November 2011

"wonderful indonesia"

Dari semula “

Visit Indonesia” kini beralih menjadi “Wonderful Indonesia” . Wonderful Indonesia adalah branding pariwisata Indonesia 2011 yang mengusung tema pariwisata 2011 yaitu“Eco, Culture, and MICE”. Branding baru“Wonderful Indonesia” ini telah diumumkan oleh Kemenbudpar pada malam pergantian tahun, Jero Wacik. Wonderful Indonesia menggambarkan kesatuan berbagai elemen pariwisata di Indonesia. Elemen yang tercangkup di dalamnya adalah people, culture, national beauty, natural resources, danopportunity investment.

Tema pariwisata 2011 “Eco, Culture, and MICE” merupakan bentuk kepedulian pariwisata Indonesia terhadap lingkungan (Eco). Sementara itu kebudayaan (culture) menjadi harta dan kekuatan Indonesia yang memiliki kekayaan seni budaya beraneka ragam dari Sabang hingga Merauke. Sementara MICE(meeting, incentive, convention, dan exhibition) adalah dalam rangka tahun 2011 Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN, sehingga akan banyak kegiatan pertemuan dan konvensi (MICE) diadakan di Indonesia. Tahun 2011 disiapkan 600 event MICE yang akan diselenggarakan di berbagai daerah di tanah air. Tingginya kegiatan MICE akan mendorong meningkatnya kunjungan wisman ke Indonesia tahun 2011.
Pemerintah juga akan lebih gencar mempromosikan branding “Wonderful Indonesia” di luar negeri agar mampu bersaing dengan negara lainnya. Tidak tanggung-tanggung pemerintah menetapkan target kunjungann wisman tahun 2011 sebesar 7,3 juta sebagai target pesimis dan 7,7 juta sebagai target optimis.
Semoga dengan branding yang baru ini, Indonesia mampu dilirik sebagai Negara dengan pariwisata kelas dunia. Sangat banyak potensi yang ada di negeri ini untuk dikembangkan. Jangan sepenuhnya banyak dikelola oleh swasta ataupun asing. Kita yang dianugerahi oleh tuhan maka manfaatkan itu dengan sebaik-baiknya. Terlebih lagi dengan wisatawan local, tak pelulah kita ke luar negeri segala. Cukup dengan me-wonderful-kan Tanah Air dan Udara Indonesia Raya.
Promosikan seluruh potensi pariwisata di daerah Anda. Semoga mereka para bule melirik.

sumber:
http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2011/01/02/visit-indonesia-kini-wonderful-indonesia/



Pada dasarnya Indonesia memiliki berbagai keunggulan dalam Budaya dan keindahan alamnya, hanya saja masih ada beberapa yang dalam pengelolaan dan pengembangannya kurang maksimal sehingga kurang terangkat ke publik. Artikel diatas contohnya menggambarkan bagaimana keindahan alam Indonesia yang sangat menawan bagi kaum wisatawan baik domestik maupun asing. Perubahan jargon pariwisata Indonesia tentunya bukan tidak ada sebabnya. Bisa jadi jargon tersebut diubah karena memang Indonesia layak untuk mendapatkan semboyan Wonderful Indonesia mengingat berbagai budaya dan keindahan alam yang dimilikinya.
Berikut daftar beberapa benda-benda budaya di Indonesia yang sudah mendunia:

1.Keris

keris.jpg
DENPASAR, KOMPAS.com - Organisasi bidang pendidikan dan kebudayaan atau UNESCO Badan Perserikatan Bangsa Bangsa, mengukuhkan keris Indonesia sebagai karya agung warisan kebudayaan milik seluruh bangsa di dunia.

"Dunia kini telah mengakui keberadaan keris Indonesia, sekaligus mendapat penghargaan dunia internasional dan hal itu mendorong kami untuk mengoleksi ratusan keris pusaka," kata Pendiri sekaligus pengelola Museum Neka di Perkampungan seniman Ubud, Gianyar, Pande Wayan Suteja Neka, Minggu.

Ia mengatakan, sejumlah negara, seperti Singapura, Brunei Darussalam, dan Filipina telah berjuang keras, namun hingga kini belum berhasil mengukuhkan kerisnya untuk mendapat pengakuan dari dunia internasional.

Keris Indonesia, termasuk Bali mendapat pengakuan sebagai karya agung warisan dunia dan hal itu mendorong untuk menjadikan keris sebagai tambahan koleksi museum yang telah dirintisnya sejak 27 tahun silam. Hingga kini museum itu berhasil menambah koleksi berupa 272 keris, disamping 312 koleksi lukisan dan patung.

Tambahan 272 keris tersebut merupakan hasil seleksi secara ketat yang dilakukan pakar dan pejuang keris Indonesia, Ir. Haryono Haryoguritno dan Sukoyo Hadi Nagoro (Mpu dan Pakar keris) dari ratusan keris yang dikumpulkannya sejak 40 tahun silam.

Suteja Neka menjelaskan, keris merupakan senjata tradisional yang sangat berperan dalam kehidupan manusia pada zaman dahulu hingga sekarang. Kebiasaan memanfaatkan senjata keris sebagai senjata, benda berwasiat dan kelengkapan upacara keagamaan telah membudaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya umat Hindu di Bali.

Lewat Museum Neka yang dirintis 27 tahun silam diharapkan mampu melestarikan dan mengembangkan keris sebagai karya agung yang keberadaannya kini telah diakui dunia, harap suteja Neka.

sumber: http://nasional.kompas.com/read/2009...n.Budaya.Dunia
2. Batik
images.jpg
JAKARTA, KOMPAS.com - Batik Indonesia akhirnya secara resmi dimasukkan dalam 76 warisan budaya tak benda oleh UNESCO. Batik Indonesia dinilai sarat dengan teknik, simbol, dan budaya yang tidak lepas dari kehidupan masyarakat sejak lahir hingga meninggal.
Masuknya batik Indonesia dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) diumumkan dalam siaran pers di portal UNESCO pada 30 September. Batik menjadi bagian dari 76 seni dan tradisi dari 27 negara yang diakui UNESCO dalam daftar warisan budaya tak benda melalui keputusan komite 24 negara yang bersidang di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab hingga Jumat (2/10).
sumber : http://nasional.kompas.com/read/2009...Warisan.UNESCO
3. Angklung
angklung.jpg
JAKARTA, KOMPAS.com--Alat musik angklung segera dikukuhkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia asli Indonesia pada 18 November 2010 mendatang di Nairobi, Kenya.
"Pada 18 November 2010 nanti, angklung akan diresmikan menjadi warisan budaya dunia," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), Wardiyatmo, di Jakarta, Selasa.
Pengukuhan tersebut akan dilakukan di Nairobi, Kenya, dalam sidang UNESCO, Kamis, 18 November 2010.
Pihaknya telah mengirimkan duta yang dipimpin Direktur Jenderal Nilai Budaya Seni dan Film (NBSF) Kemenbudpar untuk menyaksikan langsung pengukuhan angklung sebagai warisan budaya dunia. "Ke depan, kita targetkan warisan dunia milik Indonesia yang diakui UNESCO akan semakin banyak," katanya.
Pengukuhan angklung oleh badan PBB untuk pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya (UNESCO) sebagai warisan budaya dunia asli Indonesia itu berarti akan menyusul batik, wayang, dan keris yang sebelumnya telah lebih dahulu dikukuhkan.

Ia mengatakan, pihaknya telah mengupayakan berbagai hal untuk dapat mencatatkan angklung sebagai warisan budaya dunia.

Perjuangan tersebut telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu hingga akhirnya angklung akan segera diakui masuk dalam "Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity".

sumber:

http://oase.kompas.com/read/2010/11/...n.Budaya.Dunia

4. Wayang
images (1).jpg
Wayang itu Indonesia banget.Tentu saja! Namun, hanya Wayang Kulitlah yang ditunjuk dan diakui oleh UNESCO sebagai wayangnya Indonesia. Pada tanggal 7 November 2003, Wayang Kulit dinyatakan sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity (maha karya dalam bidang cerita narasi dan warisan umat manusia yang berharga”).
Di Indonesia, Wayang Kulit sendiri lebih identik dengan seni-budaya dari pulau Jawa terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meskipun ada juga Wayang Kulit dari Sumatera, Kalimantan, Lombok, Bali, Betawi dan bahkan Suriname.
Kata “wayang” berasal dari kata Ma Hyang yang mengacu kepada Yang Maha Esa. Sesuai dengan namanya, Wayang Kulit terbuat dari kulit yang umumnya dari hewan kerbau. Bagian tubuh wayang dilengkapi dengan pegangan berupa tangkai dari bahan tanduk, dimana bagian tubuh seperti tangan dan kakinya dipasang sekrup yang juga terbuat dari tanduk kerbau.

sumber : http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar